Posted by : Vany-Nii Maret 04, 2017


Hy sobat! balik lagi nih saya ngepost. Hari ini saya mau ngepost tentang BELAJAR dan CONTOHNYA. Apa sih belajar? pasti banyak yang belum tau apa itu belajar padahal sering dilakukan bukan? nah mari kita lihat. Let's see! 😃



APA ITU PEMBELAJARAN?
Proses belajar atau pembelajaran adalah fokus utama dalam psikologi pendidikan. Nah, kalau belajar adalah suatu proses perubahan tingkah laku sebagai hasil interaksi individu dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.  Santrock dan Yussen (1994) mendefinisikan belajar sebagai perubahan yang relatif bersifat permanen karena adanya pengalaman. 

APA SAJA SIH TEORI-TEORI BELAJAR MENURUT PSIKOLOGI PENDIDIKAN?
Teori-teori pembelajaran atau belajar salah satunya adalah teori behaviorisme. Apa sih teori behaviorisme itu?  Behaviorisme adalah perubahan dalam tingkah laku sebagai akibat dari interaksi antara stimulus dan respons. Atau dengan kata lain,belajar adalah perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara stimulus dan respons. Siapa-siapa saja sih tokohnya? Tokoh-tokohnya adalah Thorndike (1911), Watson (1963), Hull (1943) dan Skinner (1968).

PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK PEMBELAJARAN
1. Pengkondisian Klasik (Classical Conditioning)
    Pengkondisian Klasik adalah tipe pembelajaran dimana suatu organisme belajar untuk mengaitkan atau mengasosiasikan stimulus. 
    Pengondisian klasik adalah suatu proses belajar yakni stimulus netral dapat memunculkan respon baru setelah dipasangkan dengan stimulus yang biasanya mengikuti respon tersebut.
Pengkondisian klasik ini pertama kali ditemukan oleh Ivan Pavlov ketika melakukan penelitian tentang proses produksi air liur pada anjing.

2. Pengkondisian Operan (Operant Conditioning)
    Pengkondisian Operan adalah dalah metode pembelajaran yang terjadi melalui imbalan dan hukuman untuk perilaku. Tokohnya adalah B.F.Skinner.

3. Teori Kognitif
    Teori Kognitif (balajar) adalah perubahan persepsi dan pemahaman, yang tidak selalu berbentuk tingkah laku yang dapat diamati dan dapat diukur. Tokohnya Pieget.


Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai Belajar dan Pembelajaran. Berikut contoh-contoh belajar berdasarkan 3 teori tersebut. contoh ini diambil dari kerja kelompok saya. Let's see!

CONTOH-CONTOH DARI TEORI DI ATAS



Sekian dari saya hari ini. semoga bermanfaat untuk sobat semua 😊 Jangan lupa komentar ya ^-^ karena komentar kalian yang membuat blog ini maju. See you next Time...

Leave a Reply

Hy sobat! jangan lupa Komentar ya. Karena komentar kalian memberi semangat serta membantu agar blog ini Maju. Terima kasih telah membaca

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Dream World - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -